Versi-versi Android

Sekarang ini android sudah diluncurkan dengan berbagai versi. versi terbaru yang ada saat ini adalah versi Lollipop. Nah, sekarang gue mau ngereview tentang versi-versi android yang ada sampai sekarang. yookk disimak aja 
Android versi 1.1
Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini  dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam, alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail dan pemberitahuan e-mail.

Android versi 1.5 (Cupcake)
Android versi ini dirilis pada pertengahan Mei 2009, dengan pembaruan dan penambahan beberapa fitur yaitu kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

Android versi 1.6 (Donut)
Donut (versi 1.6) dirilis pada September 2009 dengan fitur-fitur seperti galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus, camcorder dan galeri yang dintegrasikan, CDMA/EVDO 802.1X, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine, kemampuan dial kontak, teknologi text to change speech, pengadaan resolusi VWGA.

Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
Pada 3 Desember 2009 diluncurkan ponsel Android versi 2.0/2.1 (Eclair). perubahan yang dilakukan pada versi ini adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan user interface dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP. digital Zoom dan Bluetooth 2.1.

Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
Android versi 2.2 dirilis pada Mei 2010. Fitur yang tersedia di Android versi ini diantaranya kerangka aplikasi memungkinkan penggunaan dan penghapusan komponen yang tersedia, grafik di 2D dan grafis 3D berdasarkan libraries OpenGL serta SQLite untuk penyimpanan data.

Android versi 2.3 (Gingerbread)
Android versi 2.3 diluncurkan pada Desember 2010, versi ini memiliki fitur-fitur seperti SIP-based VoIP, Near Field Communications (NFC), Gyroscope, sensor, Multiple cameras support, Mixable audio effects dan Download manager.

Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
Dirilis pada Februari 2011,  versi ini dirancang khusus untuk PC Tablet sehingga memiliki user interface yang berbeda, mendukung ukuran layar yang lebih besar, memungkinkan penggunaan multiprosesor dan akselerasi perangkat keras untuk grafis (Stephanus, 2011).

Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich)
Dirilis pada November 2011, android versi 4.0 mempunyai fitur baru membuka kunci dengan pengenalan wajah dan mempunyai penampilan interface yang yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Android versi 4.1 (Jelly Bean)
Diluncurkan pada Juli 2012, beberapa fitur yang diperbaharui dalam sistem operasi ini antara lain, pencarian dengan menggunakan voice search yang lebih cepat dan menampilkan informasi cuaca secara otomatis.

Android versi 4.2 (Jelly Bean)
Beberapa fitur yang diperbaharui dalam sistem operasi ini antara lain Notifications, Google Assistant, Face unlock dengan Liveness Check, Barrel Roll, Smart Widget, Google Now, Tehnologi Project Butter untuk meningkatkan responsifitas yang sangat baik.

Android versi 4.3 (Jelly Bean)
Pada tanggal 22 Agustus 2013 Jelly Bean 4.3 telah resmi dirilis. Beberapa fitur menarik dari sistem ini antara lain hadir dengan tehnologi Smart Bluetooth dan mendukung Open GL ES 3.0 yang menampilkan performa grafis lebih baik dan realistis.

Android versi 4.4 (KitKat)
Diluncurkan pada bulan Oktober 2013, android versi 4.4 memiliki pembaharuan fitur yaitu fitur SMS yang terintegrasi langsung kedalam Aplikasi Google Hangouts dan mendengarkan perintah suara dari Google Now tanpa menguras daya baterai.

Android versi 5.0 (Lollipop)
Versi android selanjutnya adalah Android Lolipop. Versi android ini sempat menjadi sangat viral dikalangan netizen dunia karena nama dari versi ini yang sangat dirahasiakan oleh pihak google. Banyak nama spekulasi yang lahir dari berbagai kalangan, bahkan tak sedikit pula yang mengatakan bahwa Google akan menyudahi nama-nama makanan untuk versi android ini. Namun pada akhirnya, Google mengeluarkan nama resmi untuk android versi ini. Sesuai degan namanya, tampilan dari Android lolipop ini pun terlihat manis dan lebih simpel dari pendahulunya.
Tak hanya perubahan dari segi tampilan, performa dari Android Lolipop ini pun menjadi fokus dan perhatian utama, bahakan Google mengklaim bahawa Android versi ini mampu memberikan kinerja beterai dan manajemen multi tasking yang lebih bagus.



Kedepannya akan banyak versi-versi baru yang bermunculan, gimana juga yang namanya manusia pasti gak akan pernah puas kan? dan perkembangan teknologi semakin kedepan akan semakin canggih berkali-kali lipat dari sekarang. pesennya sih cuman satu, teknologi intinya ditujukan untuk membantu manusia, so, kita yang harusnya bisa ngontrol diri ya guyss . Thankyou :) ketemu di postingan berikutnya yaahh :D









Sumber :
Nazruddin Safaat H. 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.
Stephanus Hermawan. 2011. Mudah Membuat Aplikasi Android. Yogyakarta: Andi.
http://www.plimbi.com/news/157282/sejarah-android

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME TEORI ORGANISASI

STRUKTUR DIREKTORI DAN SISTEM PROTEKSI

Fenomena budaya di Indonesia