Teknologi Kill Switch Kurangi Tingginya Pencurian Smartphone


Holla... !! Hadir lagi gue, hehehe.. jangan bosen bosen yaa kunjungin laman gue yang aneh ini hihi :D ,hadir lagi gue dengan info yang mau gue sharring ke kalian. Mungkin buat kalian yang update tentang info teknologi nggak asing lagi sama materi yang mau gue bahas ini. Kill Switch, ada yang pernah denger??? Udah denger atau belum, tetep bakal gue jelasin ko, hehehe.. pengenalan dulu gitu ceritanya. Jadi, Kill Switch adalah teknologi yang digunakan agar data yang terdapat di memori internal smartphone dapat diamankan apabila smartphone dicuri.
Kill Switch sendiri adalah tombol yang disematkan pada perangkat sebuah perangkat yang berfungsi untuk mematikan fungsi perangkat tersebut secara total dari kejauhan. Fitur ini sangat berguna kalau-kalau smartphone kita dicuri, kita bisa secara langsung mematikan smartphone tersebut secara total sehingga perangkat tidak akan lagi menyala dan sama sekali tidak berfungsi selamanya.
Pengadaan tombol 'Kill Switch' ini dilakukan untuk menurunkan angka pencurian gadget yang belakangan ini semakin marak. Teknologi yang semakin canggih serta permintaan pasar yang begitu tinggi membuat smartphone menjadi salah satu primadona bagi para pencuri.  Diharapkan dengan adanya teknologi ini maka pencuri yang ingin menjual barang curiannya tidak akan laku, karena smartphone yang telah dicuri sama sekali tidak menyala dan tidak bisa digunakan.
Perusahaan Apple sendiri sudah menerapkan fitur kill switch sebelum Windows Phone dan Android mau menggunakannya. Dan dengan penerapan fitur ini, tingkat pencurian produk iPhone berkurang hingga 19%, membuktikan bahwa memang fitur ini benar-benar bermanfaat. Jika dibandingkan dengan produk smartphone Samsung yang tingkat pencuriannya masih 40% sebab belum menerapkan fitur kill switch.
Sementara itu, Google dan Microsoft sudah menyepakati perjanjian untuk menambahkan fungsi kill switches yang akan diterapkan pada setiap smartphone Android dan Windows phone terbaru besutan mereka.
Sebelumnya di California, teknologi kill switch ini sempat ditolak, namun pada akhirnya oleh pemerintah setempat tetap disetujui. Korea Selatan juga termasuk negara yang mewajibkan untuk menerapkan teknologi ini. Negara lain yang juga menerapkan teknologi ini adalah Amerika Serikat. Pencurian smartphone telah menurun secara dramatis di tiga kota besar Amerika Serikat karena produsen mulai menerapkan "kill switch" yang memungkinkan ponsel dapat dimatikan dari jarak jauh jika dicuri. Jumlah smartphone yang dicuri turun 50 persen di London, 27 persen di San Francisco dan 16 persen di New York pada 2014, lapor The Guardian.
Dengan adanya produsen smartphone yang menerapkan teknologi ini seperti Apple dan Samsung dapat mendorong produsen lainnya untuk dapat menerapkan teknologi yang sama.  Kita berharap semoga di Indonesia juga bisa dapet efek positif dari teknologi ini yaa.. Amiiinn :D















Sumber :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME TEORI ORGANISASI

STRUKTUR DIREKTORI DAN SISTEM PROTEKSI

Fenomena budaya di Indonesia