Sumber Informasi sama Informasi Sumber juga PENTING


Teknologi makin maju, otomatis informasi yang didapat juga semakin mudah dan cepat. Apa aja bisa kalian search di internet. Mau berita selebriti mancanegara, politik, lingkungan sampe tugas-tugas kuliah bisa kalian cari di Internet.

Kalian semua pasti udah pada tau dong apa itu blog?? Buat kalian peselancar dunia internet tentunya akrab banget sama blog. Entah itu kalian punya dan kelola sendiri blognya buat ngasih segala informasi tentang hal-hal yang kalian sukai atau sebatas memposting berita dari sumber-sumber terkait. Informasi apapun yang kalian posting di internet sebenernya sah-sah aja. Asalkan kalian tau hal-hal apa yang harus dilakukan saat memposting suatu informasi di internet. Nah, yang perlu waspadai nih guys adalah ketika kalian memposting suatu informasi di blog dan memasukkan informasi yang kalian dapat dari sumber-sumber terkait.  

Penting buat kalian mencantumkan sumber yang informasinya kalian gunakan di blog kalian. Tentu kalian tau dong tentang hak cipta? Ketika kalian mengutip sebuah informasi dari sumbernya dan tidak memberikan keterangan tentang dari mana informasi tersebut berasal, bukan hanya informasi kalian menjadi tidak terpercaya, kalian bahkan bisa dituntut dengan pelanggaran hak cipta karena tidak mencantumkan sumber yang kalian kutip informasinya. Hukumannya juga ngga bisa dibilang ringan dan kalian juga bisa dikenakkan denda.


Buat anak kuliahan kaya gue dan kalian-kalian yang mendapat tugas memposting sebuah informasi berupa ilmu pengetahuan di blog, pasti sering banget kan kita tinggal copy paste blog punya orang lain terus edit dikit sana sini langsung posting hehehhe.. tapi inget, wajib banget nyantumin dari mana sumber yang kita ambil. Itu kewajiban loh, dan ngga bisa ditawar-tawar. Nyantumin sumber dari mana kita dapet informasinya itu juga menandakkan kalau kita juga menghargai karya orang lain. Jadi, saat kalian memposting sesuatu di blog tentang apapun itu dan kalian merasa itu bukan murni dari hasil karya sendiri, kalian sudah seharusnya tau bahwa sumber lain yang kalian ambil patut dicantumkan informasinya. Okeh okeh.. menghargai itu lebih baik. Hhehehe makasih. Semoga tulisan ini bermanfaat amiinnn... J


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME TEORI ORGANISASI

STRUKTUR DIREKTORI DAN SISTEM PROTEKSI

Fenomena budaya di Indonesia