Perencanaan Penulisan Karangan Ilmiah dan Kerangka Karangan
Kerangka
Tulisan Ilmiah
Kerangka tulisan
ilmiah adalah panduan yang bertujuan untuk mempermudah penulis untuk memaparkan
alur tulisannya. Sebelum karya ilmiah ditulis maka kerangka tulisan ilmiah
merupakan langkah awal yang harus dilalui oleh penulis. Kerangka tulisan ilmiah
terdiri dari judul, lembar pengesahan, abstrak,
kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, landasan teori, pembahasan, penutup,
daftar pustaka dan lampiran.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Aktivitas belajar dapat dilakukan dimana saja
dan kapan saja. Untuk meningkatkan intensitas dalam aktivitas belajar perlu
adanya fleksibilitas tempat dan waktu dalam belajar. Salah satu cara yang dapat
dilakukan untuk meningkatkan aktivitas belajar yaitu pembuatan sebuah sistem
pembelajaran berbasis website di internet.
Proses belajar yang hanya dilakukan di sekolah
membuat materi pembelajaran tidak terpenuhi karena berbagai faktor. Faktor
internal yang menyebabkan pembelajaran di sekolah menjadi terbatas yaitu adanya
kegiatan diluar bidang studi seperti pentas seni, perlombaan yang
diselenggarakan di sekolah dan lain-lain. Faktor eksternal yang menyebabkan
pembelajaran di sekolah menjadi terbatas salah satu diantaranya yaitu hari
libur karena hari besar keagamaan dalam kalender.
Membahas masalah yang telah diungkapkan
sebelumnya penulis tertarik untuk membuat penulisan yang berjudul “Pembuatan
Website E-Learning SMA Rimba Madya
Dengan Menggunakan Adobe Dreamweaver”.
Website ini diharapkan dapat membantu proses belajar mengajar menjadi lebih
fleksibel.
1.2. Ruang Lingkup
Pembuatan website e-learning SMA Rimba Madya ini hanya membahas mengenai bagaimana
memberikan materi pembelajaran kepada murid kelas 10, 11 dan 12 dalam bentuk
softcopy dan memberikan latihan soal kepada murid.
1.3. Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ilmiah ini adalah
membuat website e-learning SMA Rimba
Madya agar materi dalam suatu mata pelajaran bisa terpenuhi dan tidak tersita
akibat adanya faktor eksternal maupun internal di sekolah.
1.4. Metode Penelitian
1.
Analisis Masalah
Pada
tahap ini penulis menganalisis suatu masalah tentang kurangnya waktu untuk
memenuhi materi yang ada pada kurikulum dalam proses pembelajaran di sekolah.
Dari masalah tentang kurangnya waktu penulis mencari solusi agar dapat
memecahkan permasalahan tersebut dengan
membuat website e-learning SMA
Rimba Madya.
2.
Mengumpulkan
Isi Konten
Mengumpulkan
isi konten yang berhubungan dengan penulisan ilmiah ini. Isi konten diperoleh
melalui proses wawancara dan meminta
data mata pelajaran dari kurikulum yang berlaku di sekolah SMA Rimba Madya.
3.
Membuat
Struktur Navigasi
Membuat
struktur navigasi meliputi pembuatan struktur navigasi menu, admin dan storyboard.
4.
Merancang
Tampilan Website
Merancang
desain output tampilan website dengan menggunakan adobe photoshop cs dan macromedia
dreamwaver 8.
5.
Membuat
Coding Program
Tahap
ini merupakan tahap implementasi dari tahap perancangan yaitu dengan mengubah
menjadi bentuk yang dapat dimengerti oleh bahasa komputer melalui proses
coding. Database dan program dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL.
6.
Uji
Coba Website
Pada
tahap ini penulis melakukan uji coba website. Apabila pengujian itu telah
sesuai dengan rancangan program yang penulis buat maka pemrograman tersebut
dapat dikatakan berhasil.
7.
Implementasi
Tahap
ini adalah tahap terakhir yang dilakukan penulis yaitu mengupload dan
mempublikasikan website.
1.5. Sistematika Penulisan
BAB
1 PENDAHULUAN
Pada bab ini menguraikan tentang latar
belakang masalah, ruang lingkup, tujuan penelitian, metode penelitan dan
sistematika penulisan.
BAB
2 LANDASAN TEORI
Pada bab ini menguraikan tentang pengertian
internet, e-learning, struktur navigasi, storyboard, PHP, My SQL, ERD rancangan database,
normalisasi, adobe photoshop cs dan macromedia dreamwaver 8.
BAB
3 ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini penulis menjelaskan tentang proses
belajar di SMA Rimba Madya, struktur navigasi, storyboard, ERD rancangan database, normalisasi, langkah-langkah
pembuatan website, langkah-langkah pembuatan animasi, perancangan input/output,
langkah-langkah upload, alamat hosting
yang digunakan, spesifikasi hardware dan spesifikasi software.
BAB
4 PENUTUP
Pada
bab ini berisi kesimpulan-kesimpulan tentang masalah-masalah yang diajukan
penulis. Kesimpulan diperoleh dari penelitian serta saran-saran yang ditujukan
kepada pihak-pihak terkait sehubungan dengan hasil penelitian.
Komentar
Posting Komentar