Ulasan Materi SOD 2
Liburan... Liburann....!! gue mau liburann... \*o*/ .
hemm.. berhubung sedang musim liburan, dari TK, SD, SMP, SMA semuanya libur
sampe-sampe rata-rata perguruan tinggi pun, sudah meliburkan diri, jadi suasana
libur berasa banget hehe.. eittss tapi tidak dengan kuliah gue. Hem.. berhubung
gue masih kuliah juga gitu kan, jadi gue ingin sedikit berbagi tentang materi
materi yang ada di perkuliahan gue. Oke oke. Yaaa.. walaupun lagi liburan tapi
kan kalau baca baca blog tentang pengetahuan ngga masalah dongs dongsss... Siapa
tau bisa menambah wawasan dan ide ide baru.. *hhasseeekkk dah...* hahaha..
Okeh,
gue akan membahas materi tentang SOD (Struktur Organisasi Data). kalian tau SOD
?? bingung yaa..?? okey, pertama tama gue jelaskan tentang struktur data. Struktur
data adalah suatu koleksi atau kelompok data yang dapat dikarakterisasikan oleh
organisasi serta operasi yang didefinisikan terhadapnya.
Nah,
Algorithma sendiri adalah langkah-langkah untuk menyelesaikan sebuah program.
Inputnya harus data. Sebuah program belum tentu Algortihma dan Sebuah Algoritma harus bisa diimplementasikan
sebuah program. Jadi Struktur Data & Algoritma = Program
Data secara umum dapat dikategorikan atas :
Ø
Tipe data sederhana
INTEGER, Suatu integer adalah data dengan hasil bilangan bulat. (Bisa Negatif
atau Positif)
Pembagian Integer (DIV) : hasil bagi
Contoh : 17 DIV 3 = 5
MOD (Modulo) : sisa bagi
Contoh : 17 MOD 3 = 2
Bentuk mapping ke storage dari integer dapat dilakukan dengan beberapa
cara, yaitu :
1.
Skema Sign and Magnitude
Contoh :
+5 ⎢ + 101 atau 5 ⎢ 101
-5 ⎢ - 101
2.
Skema One’s Complement
Contoh :
R = 2N - 1
Bila N = 4, maka R = 24 - 1= 15
x = 5 ⎢ 0101
x’ = R - x
= 15 - 5 = 10 ⎢ 1010 (-5)
3.
Skema Two’s Complement
Contoh :
Bila N = 4, maka R = 24 = 16
x = 5 ⎢ 0101
x’ = R - x
= 16 - 5 = 11 ⎢ 1011 (-5)
REAL, Suatu integer adalah data dengan hasil desimal. Bilangan real dimasukkan
ke dalam memori komputer memakai sistem floating point, merupakan versi yang
disebut Scientific Notation.
BOOLEAN, disebut juga jenis data logical. Elemen datanya bernilai true
atau false. Operator yang dikenal pada boolean, yaitu :
A. Operator Logika, yaitu : AND, OR, NOT
B. Operator Relasional, yaitu : >, <, >=, <=, <> dan =
KARAKTER, merupakan elemen dari suatu himpunan yang terdiri atas
bilangan,
abjad dan simbol khusus. (0,1,...,8,9, A, B, ..., Y,Z, +, -,*,√,
...}
STRING, kumpulan dari karakter
Operasi pada string
OPERASI
|
Operator
|
1. Jumlah karakter dalam string
|
LENGTH
|
2. Gabungan 2 buah string
|
CONCAT
|
3. Sub bagian dari string
|
SUBSTR
|
4. Menyisipkan string kedalam string yang lain
|
INSERT
|
5. Menghapus karakter dalam string
|
DELETE
|
Ø
Struktur data
1.
Sederhana : Array, Record
Array adalah suatu himpunan hingga elemen, terurut dan homogen. Sedangkan
Record adalah suatu himpunan hingga elemen, terurut dan heterogen.
ARRAY DIMENSI SATU, bentuk sederhananya yaitu vektor.
BENTUK UMUM
Misal : Array N dengan tipe data T dan subskrip bergerak dari L sampai U,
maka
array N dapat ditulis :
N(L:U)
L : Lower Bound (Batas Bawah)
U : Upper Bound (Batas Atas)
Banyaknya elemen adalah : U - L + 1
ARRAY DIMENSI DUA, array yang setiap elemennya merupakan tipe data array
pula. Terdiri dari baris dan kolom.
BENTUK UMUM
Misal : Array B dengan tipe data T, subskrip baris dari L1 sampai U1,
subskrip
kolom dari L2 sampai U2, ditulis sebagai berikut :
B(L1:U1,L2:U2)
Banyaknya elemen adalah : (U1 - L1 +1) * (U2 - L2 +1)
PEMETAAN KE STORAGE : ARRAY
DIMENSI SATU
DIMENSI DUA
1. ROW-MAJOR ORDER
B + (I - L1) * (U2 - L2 + 1)
* S + (J - L2) * S
2. COLUMN-MAJOR ORDER
B + (J - L2) * (U1 - L1 + 1)
* S + (I - L1) * S
TRIANGULAR ARRAY (ARRAY SEGITIGA)
1. Upper Triangular
Semua elemen di bawah diagonal utama = 0
2. Lower Triangular
Semua elemen di atas diagonal utama = 0
2.
Majemuk
- Linier
LINIER LIST
Suatu struktur data umum
yang berisi suatu kumpulan terurut dari elemen; jumlah elemen di dalam list
dapat berubah-ubah. Linier list A yang terdiri dari T elemen pada waktu t,
dinotasikan sebagai :
A = [ A1, A2, ..., AT]
Jika T = 0, maka A
disebut “Empty List” atau “Null List”
Suatu elemen dapat
dihilangkan/dihapus dari sembarang posisi dalam linier list,
dan dapat pula dimasukkan
elemen baru sebagai anggota list.
Contoh :
1. File, dengan elemennya berupa record
2. Buku telepon
3. Stack
4. Queue
5. Linear link list
STACK (Tumpukan)
Stack adalah suatu bentuk
khusus dari linier list, dengan operasi penyisipan dan penghapusan dibatasi
hanya pada satu sisinya, yaitu puncak stack (TOP). Elemen teratas dari stack
dinotasikan sebagai TOP(S). Untuk stack S, dengan S = [S1, S2, S3, ..., ST]
maka TOP(S) = ST Jumlah elemen di dalam stack kita notasikan dengan NOEL(S)
yang menghasilkan nilai integer. Untuk stack S = [S1, S2, S3, ..., ST] maka
NOEL (S) = T.
Operasi stack : LIFO
(Last In First Out), yaitu : yang terakhir masuk yang pertama keluar.
Empat operasi dasar yang berlaku pada stack :
1. CREATE(stack), menunjukkan suatu stack kosong dengan nama S
2. ISEMPTY(stack), operator yang menentukan apakah stack S kosong
3. PUSH(elemen, stack), operator yang menambahkan elemen E pada puncak
stack S
4. POP(stack), operator yang menghapus sebuah elemen dari puncak stack S
NOTASI POSTFIX
ALGORITMA
Amati barisan dari kiri ke kanan
·
Jika ‘(‘, maka PUSH ke dalam stack.
·
Jika ‘)’, POP elemen dalam stack sampai simbol
‘(‘. Semua di POP merupakan output kecuali ‘(‘ tadi.
·
Jika simbol operand, langsung merupakan output.
·
Jika simbol operator, maka :
Jika elemen TOP stack dengan level >= maka POP sebagai output teruskan
sampai ‘(‘. elemen TOP <, operator yang diamati di PUSH ke dalam stack.
·
Bila ‘;’ kita POP semua elemen dalam stack
hingga hampa.
ANTREAN (Queue)
Suatu bentuk khusus dari
linear list, dengan operasi penyisipan (insertion) hanya diperbolehkan pada
salah satu sisi, yang disebut REAR, dan operasi penghapusan (deletion) hanya
diperbolehkan pada sisi yang lainnya, yang disebut FRONT dari list.
Antrean Q = [Q1, Q2, ... , QN]
Front(Q) = Q1 bagian depan antrean
Rear(Q) = QN bagian belakang antrean
Noel(Q) = N jumlah elemen dalam antrean
Operasi Antrean : FIFO (First In First Out), Elemen yang pertama masuk
merupakan elemen yang pertama keluar.
Empat operasi dasar antrean, yaitu :
1. CREATE, menunjukkan suatu antrean hampa Q
2. ISEMPTY, menunjukkan apakah antrean Q hampa
3. INSERT, menginsert elemen E ke dalam antrean Q
4. REMOVE, menghapus elemen bagian depan dari antrean Q
Untuk lebih jelasnya mengenai materi queue, bisa kalian lihat juga di
youtube.
- Non Linier : Binary Tree, Binary Search Tree,
General Tree, Tree, Graph
Untuk materi graph silahkan downlod file ini
2KA20_EmiliaRegar_12111425_Revisi by Emilia Regar
Okey
okey.. selesai sudah sedikit ulasan dari pembahasan materi SOD, khususnya mata
kuliah SOD 2 yaaa.. semoga bisa menambah referensi kalian yaa.. terima kasih . bye..
^_^
Sumber :
Komentar
Posting Komentar