RESUME PERUBAHAN DAN PERKEMBANGAN ORGANISASI


RANGKUMAN SESI PRESENTASI

1.       Faktor – Faktor Perubahan Organisasi
a.       Faktor Ekstern, Beberapa penyebab perubahan organisasi yang termasuk faktor ekstern adalah perkembangan teknologi, faktor ekonomi dan peraturan pemerintah.
b.      Faktor Intern
dapat berasal dari berbagai sumber antara lain:
-          Problem hubungan antar anggota
-          Problem dalam proses kerja sama
-          Problem keuangan

2.       Proses Perubahan
Yang dimaksud dengan proses perubahan organisasi adalah tata urutan atau langkah langkah dalam mewujudkan perubahan organisasi. terdiri dari :
a.       Mengadakan Pengkajian
b.      Mengadakan Identifikasi
c.       Menetapkan Perubahan
d.      Menentukan Strategi
e.      Melakukan Evaluasi

3.       Ciri – Ciri Pengembangan Organisasi
Pengembangan organisasi yang efektif memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
a.       Merupakan strategi terencana dalam mewujudkan perubahan organisasional.
b.      Merupakan kolaborasi antara berbagai pihak yang akan terkena dampak perubahan yang akan terjadi.
c.       Menekankan cara-cara baru yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja seluruh organisasi dan semua satuan kerja dalam organisasi.
d.      Mengandung nilai humanistik dimana pengembangan potensi manusia menjadi bagian terpenting.
e.      Menggunakan pendekatan komitmen sehingga selalu memperhitungkan pentingnya interaksi.
f.        Menggunakan pendekatan ilmiah dalam upaya meningkatkan efektivitas organisasi.

4.        Metode Pengembangan Organisasi
a.       Metode Pengembangan Perilaku
-          Jaringan manajerial
-          Latihan Kepekaan
-          Pembentukan Tim
-          Umpan Balik Survei
b.      Metode Pengembangan Keterampilan dan Sikap
-          Latihan di tempat kerja
-          Latihan instruksi kerja
-          Latihan di luar tempat kerja
-          Latihan di tempat kerja tiruan

RANGKUMAN SESI TANYA JAWAB

Ada 5 pertanyaan yang diajukan oleh peserta  diantaranya :
  1. Apa yang dimaksud dengan nilai humanistik? Seperti apakah contohnya?
  2. Berikan contoh perubahan ekstern dan intern dalam organisasi
  3. Bagaimana cara menangani kendala dalam perubahan organisasi?
  4. Strategi apa yang dilakukan dari suatu organisasi dan berikan contohnya
  5. Training dalam pembentukan perubahan di suatu organisasi itu sangat penting, apa yang harus dilakukan untuk menghasilkan perubahan yang baik dalam organisai
Rangkuman dari jawaban yang telah dievaluasi :
  1. Nilai humanistik adalah perkembangan potensi manusia yang paling penting. Contohnya : berhubungan dengan HAM dimana setiap orang mempunyai hak untuk mengeluarkan pendapat.
  2. Faktor eksternal seperti selera pasar, perubahan zaman, peraturan pemerintah, dan perkembangan teknologiFaktor Internal seperti keuangan dan pergantian jabatan.

Untuk pertanyaan nomer 3-5 akan dijawab dalam satu jawaban sekaligus.

Perubahan oraganisasi sangat penting meskipun suatu organisasi tersebut berada pada zona aman, karena pengaruh dari faktor eksternal dan internal. Dalam setiap peruubahan akan ada kendala meskipun begitu yang akan kontra tentunya pasti lebih minoritas yang mau tidak mau harus mengikuti perubahan tersebut. Untuk mengatasinya tentunya perlu strategi diantaranya:
1.       Melakukan sosialisai dan pendekatan
2.       Pelatihan
Cara yang paling efektif adalah memberikan pelatihan kepada orang yang nantinya akan melatih lagi ke orang yang lainnya atau disebut training for trainer.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME TEORI ORGANISASI

Littmann Electronic Stethoscope

STRUKTUR DIREKTORI DAN SISTEM PROTEKSI