RESUME KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI


RANGKUMAN SESI PRESENTASI

         Komunikasi adalah sutu proses di dalam upaya membangun saling pengertian. Dalam suatu organisasi biasanya selalu menekankan bagaimana pentingnya sebuah komunikasi antar anggota organisasi untuk menekan segala kemungkinan kesalahpahaman yang bisa saja terjadi.
Unsur-unsur komukasasi :
  1. Komunikator
  2. Menyampaikan berita
  3. Berita-berita yang disampaikan
  4. Komunikasi
  5. Tanggapan atau reaksi

Fungsi komunikasi dalam organisasi
  • Proaksi dan regulasi
  • Menentukan tujuan organisasi
  • Menentukan area permasalahan
  • Mengevakuasi performa
  • Memberikan komando, instruksi, memimpin, dan mempengaruhi inovasi
  • Mendapatkan informasi baru
  • Cara mengkomunikasikan susuatu yang baru dalam sosialisasi dan perbaikan
  • Harga diri anggota

Komunikasi dalam sebuah organisasi
  • Pengirim pesan (sender) dan isi pesan/materi
  • Simbol/ isyarat
  • Media/penghubung
  • Mengartikan kode/isyarat
  • Penerima pesan
  • Balikan (feedback)
  • Gangguan

JENIS KOMUNIKASI ORGANISASI

KOMUNIKASI INTERNAL
Adalah komunikasi yang terjadi dalam organisasi itu sendiri.
  1. KOMUNIKASI VERTIKAL
  2. KOMUNIKASI HORISONTAL
  3. KOMUNIKASI DIAGONAL [CROSS COMMUNICATION]
  4. KOMUNIKASI EKSTERNAL


KLASIFIKASI KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
  1. Dari segi sifatnya :
    Komunikasi Lisan
    Komunukasi Tertulis
    Komunikasi Verbal
    Komunikasi Non Verbal
  2. Menurut Keresmiannya :
    Komunikasi Formal
    Komunikasi Informal
SESI TANYA JAWAB

Ada 6 pertanyaan yang diajukan oleh peserta  diantaranya :
  1. Apa kesimpulan dari study kasus yang telah dijabarkan?
  2. Bentuk komunakisi apa saja yang efektif  kecuali dengan rapat?
  3. Tolong jelaskan mengenai proaksi dan regualasi!
  4. Apa yang dimaksud penyaluran transmeeting?
  5. Jelaskan mengenai mengevaluasi performa!
  6. Apa saja hambatan komunikasi?

Rangkuman dari jawaban yang telah dievaluasi :
  1. Harus terjalin komunikasi yang jelas antara atasan dan bawahan
  2. Dengan bentuk sapaan, ngobrol face to face, atau bisa dengan mengajak makan bersama.
  3. Proaksi yaitu bertanggungjawab untuk memilih dan merespon, lebih kepada menjadi teladan untuk diri sendiri sedangkan regulasi yaitu dibatasi oleh suatu aturan.
  4. Penyaluran transmeeting maksudnya adalah berkomunikasi  baik melalui lisan, tulisan dan isyarat .
  5. Evaluasi yaitu membahas dan memperbaiki suatu kegiatan yang telah dilakukan tujuannya agar bisa mengetahui kekurangan yang ada dalam suatu kegiatan tersebut.
  6. Jika kita berkomunikasi dengan orang lain seperti contohnya melalui SMS ataupun Chatting kita tidak melihat muka secara langsung, otomatis tidak tahu kondisi emosional orang tersebut, apakah sedang marah, atau sedang kesal, terkadang penangkapan dari si penerima pesanpun sering keliru sesuai dengan kondisi emosionalnya.


Sumber :
http://dhogerz.wordpress.com/2010/10/21/komunikasi-dalam-organisasi/contoh
Permatasari, Neny Ayu. 2006. Pengaruh Komunikasi dalam Organisasi terhadap
Kinerja Karyawan melalui Kepuasan Kerja (Studi Kasus pada Karyawan
bagian Produksi Pabrik Kertas CV Setia Kawan Tulungagung). Skripsi,
Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.
Pembimbing: (I) Drs. H. Sutrisno, M.M., (II) Drs. Agus Hermawan, M.Si,
M.Bus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME TEORI ORGANISASI

Littmann Electronic Stethoscope

STRUKTUR DIREKTORI DAN SISTEM PROTEKSI