KONSEP DASAR PEMROGRAMAN

KONSEP DASAR PEMROGRAMAN
  1. 1.     Konsep Dasar Pemrograman

·            Program merupakan himpunan instruksi yang dibuat programer yang diberikan kepada komputer.
·            Pemrograman merupakan kumpulan urutan perintah ke komputer berdasarkan Algoritma. Tipe pemrograman diantaranya :
a.       Pemrograman Prosedural Tahap metode secara algoritma dalam program untuk menyelesaikan suatu masalah.
b.      Pemrograman Terstruktur Bahasa pemrograman yang mendukung sebagai kumpulan prosedur.
c.       Pemrograman Modular  Program dipecah dalam modul dan modul menunjukkan fungsi dan tugas tunggal.
d.      Pemrograman Fungsional Pada program seluruh kodenya berupa fungsi-fungsi.
e.      Pemrograman Berorientasi Obyek Mampu memanfaatkan obyek-obyek yang tersedia sehingga lebih fleksibel.
f.        Pemrograman Visual Penggunaan grafik, gambar atau ikon dapat dimungkinkan dalam proses pemrograman yang memungkinkan membuat program lebih dari dua dimensi.
g.       Pemrograman Even-Driven Fleksibel dalam pembuatan koding program karena menggunakan konsep OOP yang pemrogramannya dimulai dari obyek yang diinginkan tanpa harus terurut.
  1. 2.     Data

Merupakan bahan mentah yang akan diolah menjadi suatu informasi.
1.       Tipe Data Dasar
Adalah tipe data primitif yang tidak terstruktur dan didefinisikan oleh bahasa pemrograman. Tipe data dasar dibagi menjadi lima :
a.       Tipe Data Numerik          : data berupa angka
b.      Enumerasi                          : urutan list dari nilai-nilai berbeda
c.       Boolean                               : merepresentasikan True atau False
d.      Character                            : karakter yang ditulis diantara tanda petik tunggal atau ganda
e.      String                                    : urutan karakter yang terletak diantara tanda petik tunggal atau ganda
f.        Internationalization       : disebut I18N
2.       Tipe Data Terstruktur
Merupakan data campuran dari berbagai tipe data dasar
3.       Tipe Data Didefinisikan oleh pemakai
Biasa disebut Enumerasi
4.       Tipe Data Penunjuk
Contohnya pointer
  1. 3.     Model Komputasi

Terdapat tiga model dasar yaitu :
1.       Model Fungsional
Terdiri dari nilai, fungsi, dan operasi aplikasi fungsi serta komposisi fungsi. Fungsi dapat mengambil fungsi lain menjadi argumentasi ataupun mengembalikan sebagai hasil (higher-order function).
2.       Model Logika
Terdiri dari  nilai, definisi hubungan dan kesimpulan logis. Program terdiri dari definisi hubungan dan komputasi adalah suatu bukti (urutan kesimpulan).
3.       Model Imperatif
Terdiri dari nilai, mencakup keadaan dan operasi tugas untuk memodifikasi pernyataan. Program terdiri dari urutan tugas dan suatu komputasi terdiri dari urutan pernyataan.
  1. 4.     Prinsip Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman merupakan tata cara penulisan program, terdapat dua faktor penting yaitu sintaks dan semantik. Sintaks yang berarti kumpulan dan semantik adalah yang menjelaskan sintaks. Bahasa Pemrograman juga terdapat prinsip-prinsip yaitu :
A.      Prinsip Kelengkapan Komputasional
Suatu bahasa pemrograman harus universal
B.      Prinsip Implementasi
Harus efisien dalam penggunaan waktu maupun ruangnya. Prinsip memprogram harus ditulis dalam bahasa yang mencerminkan daerah masalah.
Terdapat 4 kelompok bahasa pemrograman, yaitu :
1.       Object Oriented Language (Visual dBase)
2.       High Level Language (Pascal dan Basic)
3.       Middle Level Language (Bahasa C)
4.       Low Level Language (Bahasa Assembly)
Adapun kriteria bahasa pemrograman diantaranya :
ü Clarity, Simplicity, and Unity (Kemudahan, kesederhanaan dan kesatuan)
ü Orthogonality (fitur pemrograman yang dikombinasi dan mempunyai arti)
ü Kewajaran Aplikasi
ü Mendukung Abstraksi
ü Kemudahan verifikasi program
ü Portabilitas Program
ü Biaya Penggunaan



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME TEORI ORGANISASI

Littmann Electronic Stethoscope

STRUKTUR DIREKTORI DAN SISTEM PROTEKSI